8 Hal Persiapan Sebelum Berlibur Ke Pantai atau Pulau Terpencil

0

Indonesia merupakan Negera Maritim yang luas lautannya lebih besar dari luas daratan, memiliki ribuan pulau baik yang terdiri dari pulau besar dan juga kecil, mulai dari yang berpenghuni sampai pulau kosong tersebar dari Ujung Barat hingga Ujung Timur. Tak heran jika wisata bahari menjadi pilihan destinasi wisata bagi kalangan muda sampai orang tua. Lantas, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin berwisata bahari atau liburan ke pulau-pulau terpencil? Berikut akan kami paparkan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  1. Lihat kondisi Perkiraan Cuaca di Sekitar Lokasi.

Tak dapat dipungkiri, beragam pulau – pulai yang tersebar di Indonesia mengakibatkan sebgaian pulau belum memiliki sarana dan prasaana yang bagus. Jikalau pun ada harus menyebrang dari daratan utama. Nah, cuaca yang buruk akan mempengaruhi perjalanan dan keselamatanmu. Untuk itu, sebelum berangkat alangkah baiknya Kamu melihat ramalan cuaca dari BMKG di perairan atau lokasi yang hendak Kamu tuju. Ngak mau kan liburanmu terganggu karena kapal tidak bisa berangkat atau harus bertaruh dengan nyawa kerena ombak dilautan begitu besar. Lain halnya dengan wisata bahari bagi peselancar/surfing. Ombak besar semakin mereka kejar.

  1. Akomodasi & transportasi

Akomodasi yang dimaksud adalah tempat dimana kita menginap, bagaimana pelayanan serta harga yang sesuai dengan kebutuhan. Makanan dan juga akses menuju lokasi dan juga saat berwisata mengeliligi pulau atau menikmati keindahan bawah lautmnya. Dimana lokasi menyewa boat dan juga perlengkapan snorkeling atau alat selam. Bagaimana keadaan dan informasi lainnya. Mengapa? Agar perjalananmu semakin nyaman dan menyenangkan

  1. Agenda Kegiatan 

Menikmati keindahan alam terkadang sering membuat kita lupa waktu, alhasil terkadang sedikit moment yang dapat kita nikmati atau bahkan perjalanan jadi terkesan monoton dengan rutinitas yang begitu saja. Nah, alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan hendaknya mensurvey activitas apa saja yang dapat dilakukan serta objek-objek yang dapat kita kunjungi. Dibuat kedalam itinerary agar lebih terstruktur atau setidaknya menjadi bahan acuan dalam berkegiatan selama liburan.Alat pelindung sinar UV

Keindahan pantai terkadang membuat kita lupa diri, hingga saat liburan berakhir, tiba-tiba kulit sudah merah terbakar dan hidung berkerak (kulit berkelupasan), atau bahkan perih. Nah, untuk itu perlu lotion yang memiliki spf tinggi untuk melindungi kulitmu dari sengatan panas matahari. Tak hanya itu, kacamata dan juga tobi juga akan sangat membantu mengurangi sinar matahari yang bertatapan langsung dengan kulit wajahmu.

  1. Alat dokumentasi

Nah, memang era saat ini hp sudah memiliki kamera dengan fitur – fitur yang menarik dan juga canggih. Tapi rasanya itu belum cukup jika kamu belum mengabadikan kegiatanmu dibawah air. Melihat indahnya terumbu karang dengan ikan-ikan kecil bewarna – warni.

  1. Obat-obatan pribadi

Perjalanan panjang atau Kamu yang tidak kuat dengan guncangan setidaknya wajib membawa obat anti mabuk dan juga obat tidur sebagai penenang. Karena lokasi yang bagus biasanya memakan waktu yang cukup lama dan juga perjalanan yang menabjubkan. Begitu juga dengan Kamu yang memiliki alergi dengan makanan laut setidaknya membawa obat-obatan agar perjalananmu tidak terganggu.

  1. Lotion anti nyamuk

Tidak dapat dipungkiri lokasi pantai memang identik dengan nyamuk. Apalagi lokasi yang terdapat daerah rawa. Nah, sudah sewajarnya kamu membawa lotion nyamuk yang lebih mengingat kondisi dikala saat kamu sedang asyik menikmati malam tapi harus berjibaku dengan hewan penghisap darah tersebut.

  1. Hamoock / ayunan portable & pemutar music

Pantai identik dengan pasir putih, pohon kelapa dan angin sepoi2 serta deburan ombak. Waktu santai akan terasa nikmat disaat kita mampu menikmatinya dengan tidur siang diatas hammock sembari mendengarkan alunan music laut/ ombak dipantai. Kamu juga perlu mempersiapkan playlist music yang cukup menarik jikalau sedang bosan atau dalam perjalanan. Bisa juga menyiapkan loudspeaker atau bahan game dalam perjalanan sehingga menunggu waktu tiba dilokasi tetap meyenangkan.

  1. Mencari provider yang ahli

Bagi Kamu yang tidak ingin repot karena harus mempersiapkan manajemen perjalanan dan kebutuhan – kebutuhan dasar lainnya, Kamu bisa menggunakan jasa travel. Hal ini akan sangat membantu khususnya bagi kamu yang memiliki kesibukan yang lebih dan tak mau repot dengan urusan hal-hal yang kecil. Nah, dengan konsep ekowisata dan motto “Fun & Education” kami akan membantu kamu untuk menikmati liburan selama di pantai dan juga menambah wawasan kamu tentang keindahan dan keberagaman budaya serta potensi-potensi yang ada disekitarnya dari sudut pandang yang berbeda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi contack person kami disini.

 

Share.

About Author

Leave A Reply