Indonesia Akan Menjadi Penghasil Energi Listrik Panas Bumi terbesar di Dunia pada Tahun 2021

0

Indonesia akan menjadi negara terbesar di Dunia sebagai penghasil energy listrik Panas Bumi di tahun 2021 mengalahkan Amerika Serikat dan Filipina. Hal ini di ungkap oleh Dadan Kusdiana.  selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM.. Proyeksi tersebut dilihat dari penambahan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi sebesar 2.023,5 MW dari PLTP Sarulla (2 x 110 MW), PLTP Karaha (30 MW), PLTP Sorik Marapi (2 x 20 MW), dan PLTP Lumut Balai (55 MW).

Saat ini, pemanfaatan panas bumi untuk keperluan pembangkitan listrik baru 1.698,5 MW atau sekitar 10% dari cadangan yang ada. Padahal, sebanyak 331 titik lokasi potensi panas bumi yang telah menyebar di wilayah Indonesia sangat strategis untuk investasi dan memenuhi kebutuhan energi nasional sesuai dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN). “Kami punya cadangan panas bumi sebesar 17.506 MW dan sumber daya sebesar 11.073 MW tapi belum dioptimalkan. Ini jadi peluang bagi para investor sekaligus memenuhi kebutuhan energi nasional,” ungkap Dadan

Energi Panas Bumi merupakan energy yang terbaharukan dan ramah lingkungan. Energi panas Bumi pertama kali dimanfaatkan sejak Peradaban Romawi sebagai Pemanas ruangan ketika musim dingin atau memanaskan air. Namun di abad ke 20, Pangeran Piero Ginori Conti mencoba Generator Panas bumi menjadi energy listrik pertama pada 4 Juli 1904 di area panas bumi Larderello, Italia.

Grup area panas Bumi terbesar di Dunia, disebut dengan The Geyser, berada di Islandia, Kutub Utara. Dan Pada Tahun 2004, 5 negara (El Salvador, Kenya, Filipina, Islandia dan Kostarika) telah memanfaatkan panas bumi untuk menghasilkan lebih dari 15% kebutuhan listriknya.

Untuk itu, kita berharap semoga program pemerintah dalam memanfaatkan sebesar-besarnya energy panas bumi melalui kementrian ESDM mampu terealisasikan dengan sempurna. Sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi mengalami pemutusan listrik dan seluruh wilayah pemukiman di pelosok dan pedalaman sudah mendapatkan energy listrik.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenal jauh lebih dalam tentang pemanfaatan dan cara kerja panas bumi menjadi energy listrik, silahkan ikuti program wisata edukasi kami, “Volcano Study Tour”. Klik tautan diatas dan diskusikan dengan pihak sekolah atau groupmu.

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply