Belajar & Mengenal Gunung Api

0

Pernah mendengar istilah “Tanah kita Tanah Surga?” Kata tersebut bukan tidak beralasan. Dari Sabang Sampai Merauke, kepulauan kita dipenuhi dengan gunung api. karena memang Indonesia merupakan negara yang masuk dalam kawasan Cincin api Pasifik. lantas apa sih yang dimaksud gunung api dan cincin api pasifik?untuk lebih jelas, cek artikelnya disini.

Gunung api meletus mengeluarkan material-material yang ada di dalam perut bumi. diantaranya merupakan material yang mampu meningkatkan kesuburan dalam tanah. Itu sebabnya tanah disekitar gunung api sangatlah subur. Ditambah dengan letak Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa sehingga memiliki curah hujan serta sinar matahari yang sangat tinggi.Hal tersebut yang menjadi dasar serta alasan kenapa julukan Tanah Kita Tanah Surga.

Namun, ada perubahan paradigma atau pola fikir yang terus beredar dikhalangan masyarakat. Gunung api yang meletus belakangan ini diberbagai belahan nusantara dianggap sebagai sebuah bencana. Gunung api bukan lagi dianggap sebagai sumber kemakmuran atau anugrah yang patut kita syukuri. Efek atau manfaat dari keberadaan gunung tersebut sering terabaikan walaupun sudah sering kita rasakan baik langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, kami mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh apa yang disebut dengan Gunung Api dan Cincin api pasifik, serta perannya dalam sebuah kehidupan khususnya di Nusantara.

Adapun gambaran kemasan paket perjalanan ini yaitu berupa kunjungan ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung Api (PVMBG). Para peserta akan diberi penjelasan bagaimana sebuah gunung api terbentuk, keberadaan gunung api di Indonesia serta proses pengawasan gunung api yang menggunakan alat pendeteksi gerakan magma menuju permukaan.

Berikutnya, peserta akan diajak ke lokasi perkebunan dan pertanian yang ada disekitar gunung api. Melihat secara langsung dari efek adanya gunung api bagi kawasan pertanian & perkebunan yang ada yang ada disana. Dilanjutkan dengan kunjungan ke pasar buah berastagi dimana masyarakat sebagian besar memasarkan hasil dari perkebunan dan pertanian mereka.

Tak cukup sampai disitu, peserta juga akan diajak melihat bagaimana proses memanfaatkan energi panas bumi yang berasal dari gunung api menjadi sebuah energi listrik di Geothermal Gunung Sibayak. Sistem kerja alat dan berapa sumber daya yang dihasilkan dari energy panas bumi tersebut yang merupakan sumber energi terbaharukan.

Belajar akan cepat bosan jika tidak dibarengi dengan rekreasi. Lelahnya perjalanan akan dibayar dengan aktivitas berendam di kolam air panas yang juga bersumber dari keberadan gunung api. Ya, peserta juga akan diajak merasakan langsung hangatnya air belerang dari gunung api yang mampu menyembuhakan berbagai penyakit kulit.

Jika mengambil paket yang lebih, peserta akan diajak mendaki gunung sibayak, melihat secara langsung gunung api saat mengeluarkan asap dan belerang dari celah bebatuan. Menikmati indahnya sunrise saat fajar dan juga olahraga dan rekreasi. Atau bisa juga melihat gunung api purba toba yang ada di Sumatera Utara, yaitu Gunung purba Toba yang kini menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara.

Danau Toba sendiri merupakan hasil dari erupsi gunung api purba toba yang meletus sejak ribuan tahun lalu. Kawah dari hasil letusan gunung api tersebut terendam oleh air sehingga menjadi danau yang kini dikenal dengan Danau Toba. Tak hanya melihat keindahan alamnya, kita juga akan belajar tentang budaya dan kehidupan masyarakat yang ada disekitarnya.

Untuk melihat paket perjalanannya secara lebih detail, silahkan cek disini

Share.

About Author

Leave A Reply