Faktor Lain Yang Menyebabkan Paus Sperma Terdampar di Aceh

0

Sumber foto: National Geographic

10 Paus Sperma terdampar di Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, pada hari Senin 13 November 2017. Penyelamatan langsung diupayakan oleh petugas dari Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Aceh, SAR, lembaga konservasi non pemerintah seperti WWF-Indonesia dan Wildlife Conservation Society, serta masyarakat sekitar.

Dari data yang diperoleh, 7 ikan paus berhasil ditarik ke perairan yang lebih dengan menggunakan kapal penarik, 5 ekor pada waktu tengah malam dan 2 pada saat shubuh. Sedangkan 3 ekor paus yang tersisa dikabarkan sudah tewas, menyusul satu ekor paus mati karena kembali terdampar yang sebelumnya sudah diselamatkan ke perairan yang lebih dalam.

Lantas, Kenapa bias dinamakan Paus Sperma? Bagaimana proses penyebarannya dan apa penyebab ikan paus yang sangat langka ini bisa terdampar? Mari kita ulas satu persatu.

Nama Paus Sperma 

Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Paus ini dinamakan paus sperma dikarenakan bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma. Kepala Paus Sperma yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda, ditambah lagi kemunculannya dalam novel Moby-Dick yang ditulis oleh Herman Mellville, membuatnya dikenal sebagai paus arketipe (archetype).

Penyebaran Paus Sperma 

Paus sperma merupakan jenis mamalia laut yang penyebarannya paling luas, meliputi seluruh laut dalam di dunia, mulai dari equator sampai ujung laut di kutub. Di Indoneia, penyebaran spesies ini ada di Laut Sulu, Laut Sulawesi, Laut Halmahera, Laut lores, sebagian Laut Banda, perairan dsekitar Ambon, bagian timur Pulau Alor, lepas pantai Lamalera dan di perairan sekitar Pulau komodo.

Alasan Paus Terdampar

Sampai saat ini belum ada penelitian yang kuat membahas soal itu. Namun, menurut Whale Stranding Indonesia dalam akun resminya mengungkapkan “Ada peningkatan Angin matahari dari lubang koronal yang menghadap ke bumi, dan terdapat kondisi geomagnetik aktif di kutub bumi, bersamaan dengan terdamparnya 10 paus sperma. [Kami] Tidak mengklaim apapun. [Kami] juga akan mencoba melihat data kapal,”

Dari halaman website National Geographic, penyebab lain dari terdamparnya sekelompok ikan paus tersebut dikarenakan gempa bumi di perairan tersebut. Dari data BMKG Telah terjadi Gempa Bumi berkekuatan 3 SR di Aceh pukul 12:49:46 waktu setempat. lokasinya berada di 6 km barat daya Bireun Aceh, kedalaman episentrum 11 km.

Peta Persebaran Paus Sperma (Warna biru)

Dari hasil Riset Singkat yang kami lakukan, Paus Sperma terdampar karena beberapa faktor, diantaranya yaitu:

  1. Adanya faktor yang Mengganggu system Navigasi Paus, yang menyebabkan hilangnya daya tunjuk arah mereka sehingga terdampar di perairan yang dangkal dan akhirnya terjebak. Bisa jadi karena radiasi dari sonar frekeunsi rendah dan menengah yang dihasilkan dari kapal perang atau efek dari gempa bumi yang disampaikan oleh tim National geographic diatas.
  2. Faktor lain yaitu Setia Kawan. Teori dari para peneliti menduga, paus mendamparkan dirinya dikarenakan sedang terluka atau sakit. Dalam keadaan ini, paus berenang berenang ke pesisir dengan tujuan untuk berlindung. Namun, malah sering terperangkap yang tidak disadari akan perubahan pasang surut laut. Nah, Paus & lumba-lumba memiliki sikap social yang tinggi yang disebut dengan pods (school untuk istilah pada ikan). Paus yang sehat akan setia mendampingi pods yang sakit dan pada akhirnya mereka terdampar secara masal. Lihat paus yang terakhir mati, paus tersebut sudah diselamatkan namun kembali kepesisir.
  3. Faktor selanjutnya yaitu reproduksi/kawin. Menurut Peter G Hevans dalam bukunya The Natural History of Whales and Dolphin, “Ikan Paus melakukan migrasi musiman untuk reproduksi di daerah lintang tinggi ke lintang rendah dan biasanya pada daerah pantai atau daerah yang dangkal untuk menghindari predator”. Mark Carwadine seorang pakar zoology dan ahli konservasi dalam bukunya An Australian Geographic guide to Whales, dolphin, and Porpoises, juga mengatakan bahwa “Paus Sperma memiliki pola migrasi yang unik yaitu ketika Paus Sperma betina dan jantan yang belum dewasa tetap tinggal di perairan tropis yang hangat, Paus Sperma Jantan Dewasa bermigrasi ke kutub untuk memakan cumi-cumi dan mereka akan kembali bergabung dengan kelompok betina pada musim dingin untuk kawin. Mengingat sekarang sudah memasuki era musim dingin untuk beberapa

Kejadian paus terdampar ini sebenarnya bukan untuk yang pertama di Indonesia. Hal yang sama juga pernah terjadi dilokasi lain. Namun, jumlah pasukan yang terdampar sampai 10 ekor ini menjadi pusat perhatian. Syukur sampai saat ini dilaporkan 6 paus tersebut selamat. Mari kita berikan apresiasi atas kinerja para petugas dan relawan dilapangan. Salam dari kami,

SOHIB NATURE
Biro Perjalanan Ekowisata
“Fun & Education”

 

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply