Kapal Legendaris KRI Dewaruci juga Ikut Meramaikan SAIL SABANG 2017

0

 Dua kapal Layar kebanggaan Indonesia juga akan ikut meramaikan acara SAIL SABANG 2017, mereka adalah KRI Dewaruci dan KRI Bimasakti. Siapakah mereka dan prestasi apa yang telah diperbuat sehingga kita layak bangga dengan mereka?

KRI merupakan singkatan / inisial dari Kapal Perang Republik Indonesia. KRI Dewaruci merupakan kapal perang  layar yang memiliki sejarah yang cukup panjang bagi Indonesia. Dalam catatan kemaritiman, KRI Dewaruci telah melakukan perjalanannya sebanyak 2 kali mengelilingi dunia dengan menggunakan system kendali layar dan sedikit bantuan teknologi yang sangat sederhana itupun dioperasikan secara manual. Tak hanya itu, setidaknya tercatat sudah 41 kali KRI Dewaruci mengarungi perairan di berbagai belahan Negara selam usia yang ke 64 tahun ini.

Pengarungan misi pertama keliling dunia memakan waktu kurang lebih selama 9 bulan dimulai sejak Maret hingga November 1964. Rute yang dilalui yaitu menyusuri Samudra Hindia, Terusan Zues, Samudra Atlantik, Benua Amerika, lalu ke Terusan Panama hingga ke Samudra Pasifik. Selain proses latihan kepada taruna akademi maritim, misi dari KRI Dewaruci keliling dunia adalah misi diplomasi internasional dan juga memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada Negara-negara yang disinggahi.

Kapal ini pertama kali dibuat pada tahun 1932, namun karena Perang Dunia Kedua bagian kapal sempat hancur dan dilanjutkan kembali pada tahun 1952 dan selesai pada 24 Januari 1953 di Galangan H.C. Stulchen and Sohn, Hamburg Jerman Barat.  Kapal ini memiliki bobot sekitar 847 ton dengan panjang 58,30 meter dan lebar 9,5 meter mampu menampung 75 awak kapal. Kapal dengan 16 layar ini mampu berjalan dengan kecepatan 9 Knot atau setara dengan 17km/jam atau dengan mesin sebesar 10,5 knot atau setara dengan 19,4km/jam.

Dan kini, KRI Dewaruci telah memiliki pengganti yaitu KRI Bimasuci. KRI Bimasuci dibuat di Spanyol mulai diresmikan pada tahun 2017 ini. Pelayaran perdananya yaitu dari lokasi pembuatan asal yaitu spanyol Vigo (Spanyol) – Civitavecchia (Italia) – Port Said (Mesir) – Jeddah (Arab Saudi) – Colombo (Sri Lanka) – dan saat ini di Padang. KRI Bimasuci memiliki keunggulan yang lebih modern ketimbang KRI Dewaruci, kapal ini didesain seperti kapal rally, dengan jumlah 26 layar pada 3 tiang utama mampu menempuh dengan kecepatan 15 knot dan menggunakan mesin sebesar 13 knot.

Tak hanya itu kapal ini juga dilengkapi dengan pengolahan air laut menjadi air tawar sehingga mempermudah kebutuhan awak kapal saat berlayar. Hal yang menarik lainnya yiatu pengelolaan limbah sampah organic menjadi cairan yang ramah lingkungan dan untuk yang non orgaanik ada mesin pencacah sampah. Kapal ini juga dilengkapi multimedia yang yang baik sehingga membantu para taruna untuk terus berlayar.

Itulah sedikit gambaran 2 KRI yang akan turut meramaikan dalam acara SAIL SABANG 2017. Jadi jangan sampai lewatkan momentum tersebut. Untuk kamu yang ingin berlibur atau mengunjungi sail sabang, silahkan hub kami disini.

 

Share.

About Author

Leave A Reply