Bersepeda Memperingati Hari Batik Nasional

0

Untuk memeriahkan peringatan hari Batik Nasional, sejumlah Komunitas Pesepeda Nasional,khususnya Bike To Work Indonesia mengajak para pesepeda untuk meramaikan peringatan hari batik nasional tersebut. Caranya dengan bersepeda menggunakan kostum batik.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.[1] Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Nah, untuk diwilayah kota Medan juga tidak ketinggalan. Diprakarsain oleh Bike To Work Medan, mereka mengajak seluruh pesepeda di Kota Medan dan Sekitarnya untuk bersama-sama meramaikan peringatan hari batik nasional ini. Dengan cara bersepeda menggunakan kostum batik.

Dilaksanakan pada hari minggu, 1 Oktober 2017 di Lapangan Merdeka Medan, Tepatnya di Tugu Kantor Pos, Jl. Balai Kota, Pukul 07.00 wib. Adapun rute yang akan ditempuh sekitar 14 km melalui Jl Balai Kota – Gatot Subroto – Sunggal – Sei Batang hari – Gajah Mada – Iskandar Muda – Mongonsidi – Juanda – Brig. Katamso – Pemuda – Finish di Air Mancur Bank Sumut.

Mari kita lestarikan Kebudayaan Nusantara Kita. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi Gilang (B2W Medan) 085262056602.

Share.

About Author

Leave A Reply