Festival Oang-oang, Salah Satu Festival Budaya di Kawasan Danau Toba

0

Danau Toba masih punya pesonanya tersendiri. KAB. Pakpak Bharat yang merupakan wilayah pensuplai air di Danau Toba akan menggelar pesta Budaya Oang-Oang. Adapun kegiatan yang menarik dari acara ini yaitu Karnaval Budaya dengan kendaraan hias sepanjang 5km dari Gedung Serbaguna sampai Lapangan Napasengku, ungkap Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando.

Tak hanya itu, tarian adat dan lagu tradisional, moccak (pencak silat Pakpak), beragam luah (cenderamata) dari berbagai Kecamatan dan SKPD serta acara perlombaan untuk meramaikan pesta budaya ini

Dari perlombaan yang ada, ada satu perlombaan yang menarik yang menjadi tradisi di Pakpak Bharat, yaitu Lomba Persinabul. Persinabul ini merupakan tradisi yang sangat sakral dan unik, dimana kita bisa  mengetahui dan memaknai kata, maksud dan perlengkapan apa dan bagaimana prosesi adat dapat dilakukan didalam adat suku Pakpak.

Persinabul dalam arti Pembicara Adat  atau utusan pihak keluarga pengantin yang berperan untuk menananyakan kepada orang tua calon pengantin laki-laki yang akan diberikan sebagai mas kawin, mencari tahu mengenai keberadaan keluarga si gadis di dalam masyarakat.

Potensi Lain Pakpak Bharat
Secara geografis Kabupaten Pakpak Bharat memang tidak bersentuhan langsung dengan Danau Toba, tetapi pihak BODT dan Kementerian Pariwisata mengakui keberadaan wilayah Pakpak Bharat merupakan sumber penyedia air di Danau Toba serta bagian koridor ekosistem danau tersebut.

Jarak tempuh Pakpak Bharat dari Kota Medan Kurang lebih 200Km, melewati kota Berastagi dan Taman Simalem Resort. Pakpak Bharat juga merupakan daerah penghasil Kopi Arabika yang sering dikenal dengan Kopi Sidikalang. Wilayah Pakpak Bharat yang didominasi oleh Areal perbukitan sangat mendukung untuk tanaman tersebut.

Tak kalah menarik, Durian Medan juga didominasi oleh daerah ini. Durian Sidikalang bertekstur lembut, tebal dagingnya dan pahit. Kabar baiknya lagi, saat ini sedang musim durian. Jadi kalau berkunjung kesana wajib cobain durian yah.

Dari Pakpak Bharat, menuju pulau samosir juga tidak begitu jauh, dari lokasi pesta budaya onan-onang, cukup memakan waktu 1,5 jam untuk tiba di menara pandang tele, lokasi terbaik untuk menatap keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Jadi, bagi kamu yang ingin berkunjung Ke Danau Toba, jangan lewatkan festival budaya ini.

Festival budaya Oang-oang direncanakan pada tanggal 6-7 September di Lapangan Napasengkut, Pakpak Bharat.

Share.

About Author

Leave A Reply